Friday, June 6, 2014

[Semangat ]Dakwah Mestilah Berilmu


Dakwah itu bukan tempat bermain. Seseorang yang ingin berdakwah tentulah ia harus memiliki ilmu bukan hanya sekedar bercerita kemudian berimajinasi. Sadarkah kita, apa yang kita katakan bisa saja menjadi ladang api yang siap meminta pertanggungjawaban kita. Jika selama ini kita mengatakan sesuatu diluar pengetahuan kita atau kita tidak benar-benar tau apa makna sebenarnya yang kita katakan lalu kita tetap saja mengatakannya maka bersiaplah menanggung segala perkataan. Islam adalah agama yang berlandaskan al-Qur'an dan as-Sunnah,, kita harus memiliki pegangan yang telah dijanjikan dan dijaga langsung kemurniannya oleh Allah. Kita punya dalil, maka gunakanlah dengan baik. Jangan sampai kita yang belum mengerti maknanya lalu dengan sombongnya kita berkata menurut pemahaman sendiri yang membahayakn diri. Lebih baik mengatakan tidak tau atau
diam karena itu lebih baik.
sebagai penerus dakwah, ada satu masa tepat untuk mengumpulkan amalan yang sholih dan menabung tabungan akhirat karena di masa tersebut kita diberi kekuatan dan kesempatan yang luang yaitu masa muda. kata sebagian orang, waktu muda adalah waktu untuk hidup berfoya-foya, masa untuk bersenang-senang. sebagian dari mereka mengatakan, "kecil dimanja, muda foya-foya, tua kara raya, dan mati masuk surga" inilah perkataan sebagian pemuda. Bagaimana mungkin waktu muda foya-foya tanpa amalan sholih lalu mati bisa masuk surga ??!. bukankah itu mustahil ??. untuk masuk surga pastilah ada sebab dan tidak mungkin hanya dengan foya-foya seperti itu.
dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:
"manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: (1) waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, (2) waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, (3) masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, (4) masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, (5) hidupmu sebelum datang kematianmu." (HR al-Hakim dalam al-Mustadrak-nya, dikatakan adz-Dzahabi dalam at-talkhish berdasarkan syarat al-Bukhari dan Muslim. Hadits ini dikatakan shahih oleh asy-Syaikh al-Albani dalam al-jami' ash-Shaghir.).
Maka jagalah lisan. hal yang paling mendasar adalah niat maka prbaikilah niat. insyaAllah.. Tidak satupun yang terjadi di dunia ini yang baik maupun buruk melainkan dengan izin Allah, mohonlah kepadaNYA agar IA menunjukkan jalan yang benar dan mengeluarkan kita dari hal-hal yang membingungkan dan sesat. Jangan tunda beramal sholih !.
sumber : adinda tersayang

0 comments:

Post a Comment