Thursday, July 11, 2013

[Renungan] Ikhlas tanpa Luka



Sesuatu yang terluka lama-lama akan menjadi keras

Lihatlah buah sawo yang hampir matang tiba-tiba jatuh dari pohonnya karena ada angin kencang. Buah sawo yang jatuh tersebut, tentu akan menimpa tanah apalagi pohonnya tinggi. Buah sawo itu akan pecah atau seenggaknya terluka dan akan mengeluarkan getah. Getah sawo tersebut akan berkumpul di sekitar luka dan menyebabkan bagian-bagian yang terluka dari sawo akan mengeras meskipun beberapa hari kemudian bagian yang tidak terluka masih tetap bisa dimakan karena telah melunak dan masak.

Seperti pula hati, jika kita membiarkannya

terluka, maka ia akan mengeras, ia akan menyimpan dendam, dan ia akan tetap menyimpan pilu selamanya. Meski hati telah memaafkan, akan tetap tersisa bekas luka yang mengeras dan menghitam. Perlu waktu lama untuk membuat hati itu benar-benar tanpa noda lagi. Walaupun sebenarnya ikhlas bisa menghapus semuanya.

Untuk itu, wahai saudara-saudariku. Janganlah kita memberi tempat di hati kita untuk terluka. Biarkan ia tetap lembut dan ikhlas. Biarkan ia tetap lunak dan sabar. Jangan kita membiarkan hati kita tergores sedikitpun.

Pelihara hati, Jaga hati, Bersihkan hati

Sungguh beruntung orang yang mensucikan jiwanya dan sungguh merugi orang yang mengotorinya ~ QS. Asy Syams 9-10

‪#‎efek‬ panjat pohon sawo beberapa hari yang lalu

2 comments: